KONDISI FISIK DAN SOSIAL WILAYAH INDONESIA UNTUK KELAS VIII LEVEL 17 - 34

Bagian ini menyajikan materi hafalan 2 untuk SK I KD I Kelas VIII disiplin Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu dengan pokok bahasan Kondisi Fisik dan Sosial Wilayah Indonesia. Secara khusus disusun untuk peserta didik dengan level hafalan 17 - 34.

Pustaka : arcipelago state, deklarasi djuanda, zona teritorial, zona ekonomi ekslusif, garis dasar, iklim dunia, iklim tropis, iklim sedang, iklim subtropis, iklim kutub, sundanese continent, buffer zone, sahul continent,gunung, pegunungan, sirkum, sirkum mediterania, sirkum pasifik, dataran tinggi, bukit, ngarai, dataran rendah, pantai, tanjung, semenanjung, delta, palung, lubuk laut, gunung laut, danau, telaga, sungai

Test Hafalan Level 17 - 34 dilaksanakan pada tanggal 12 - 17 Oktober 2009, di kampus SMP Plus Assalaam Bandung mulai dari jam 06.15 s.d. 16.00 WIB. Siswa yang ditest secara langsung dibatasi maksimal 10 orang per kelas, siswa selanjutnya di test oleh tutor sebaya. Penilaian berlaku mundur berdasarkan ketuntasan dan hari8A () ... 8B () ... 8C 1. Sonny Saeful Anwar (100) ... 8D 1. Nadia Putri Budiman (100) 2. Sarah Fauziah Lutfi (99) 3. Zalza Puspa Maulina (98) ... 8E () ...

MODUL I - HAFALAN
KONDISI FISIK dan SOSIAL WILAYAH INDONESIA
STAGE 2 LEVEL 17-34

M001/H002/008013/1/082009


  1. Wilayah Indonesia terdiri atas wilayah daratan dan lautan. Daratan terdiri atas pulau-pulau sebanyak 18.110 pulau seluas + 1.904.569 km2 dan perairan seluas 3.288.683 km2, sehingga disebut sebagai Negara kepulauan (archipelago state), dengan total pulau yang telah dihuni mencapai + 930 pulau.
  2. Batas laut Indonesia berdasarkan Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 terdiri dari dua zona, yaitu Zona Teritorial (ZT) dan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Zona Teritorial diukur sejauh 12 mil laut dari garis dasar dan ZEE diukur sejauh 200 mil laut dari garis dasar.
  3. Garis dasar adalah garis yang ditarik dari titik-titik terluar suatu pulau.
  4. Wilayah Indonesia membujur dari utara ke selatan sejauh 1.887 km dan melintang dari timur ke barat sejauh 5.106 km.
  5. Pembagian iklim dunia berdasarkan posisi lintang astronomis diklasifikasikan atas empat macam, yaitu daerah iklim tropis, daerah iklim subtropis, daerah iklim sedang, dan daerah iklim kutub.
  6. Daerah iklim tropis terletak diantara lintang 23,5o LU - 23,5o LS, daerah iklim subtropis terletak diantara 23,5o LU/LS - 66,5o LU/LS, daerah iklim sedang terletak diantara 35o LU/LS – 66,5o LU/LS, dan daerah iklim kutub terletak diantara 66,5o LU/LS - 90o LU/LS.
  7. Kepulauan Indonesia terletak antara 6o LU - 11o LS dan 95o BT - 141o BT, dengan demikian Indonesi termasuk iklim tropis, namun demikian kondisi iklim Indonesia turut dipengaruhi oleh letak geografis yang menyebabkan Indonesia angin musim, sehingga Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.
  8. Keadaan suhu udara di wilayah Indonesia relatif tinggi karena letak astronomis Indonesia yang berada disekitar garis khatulistiwa sehingga menerima peyinaran matahari sepanjang tahun.
  9. Wilayah Indonesia secara geologi dapat dibagi atas tiga bagian, yaitu dataran (relief) barat dan timur yang dangkal, serta cekungan tengah yang dalam.
  10. Relief Indonesia Barat dinamakan paparan atau dangkalan sunda (sundanese continent), meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, Laut Cina Selatan, Selat Karimata, dan Selat Malaka, secara fisik cenderung memiliki kesamaan dengan kondisi fisik daratan Asia. Relief Indonesia Tengah dinamakan zona peralihan (buffer zone), meliputi Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Relief Indonesia Timur dinamakan paparan atau dangkalan sahul (sahul continent), meliputi Pulau Halmahera, Papua, dan laut Arafuru, secara fisik cenderung memiliki kesamaan dengan wilayah Australia.
  11. Bentuk muka bumi wilayah daratan Indonesia secara umum terdiri dari gunung, pegunungan, dataran tinggi, bukit, lembah, dataran rendah, tanjung dan pantai.
  12. Gunung merupakan bentuk alam hasil proses vulkanisme, baik vulkanik maupun nonvulkanik. Gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Jaya Wijaya dengan Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 6.030 meter diatas permukaan laut di Pulau Papua.
  13. Pegunungan adalah rangkaian gunung-gunung yang memanjang atau daerah yang bergunung-gunung. Wilayah Indonesia merupakan pertemuan dari dua rangkaian pegunungan dunia atau sirkum, yaitu sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Sirkum Mediterania membentang mulai dari ujung baratlaut Sumatera, Jawa, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, dan berakhir di Kepulauan Maluku Selatan. Adapun sirkum Pasifik membentang mulai dari Sulawesi Utara, Kepulauan Maluku Utara, dan berakhir di Papua.
  14. Dataran tinggi adalah daerah yang terletak pada ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Bukit adalah tumpukan tanah yang lebih tinggi dari tempat disekitarnya. Lembah adalah daerah yang rendah diantara dua tempat yang lebih tinggi. Lembah di kanan dan kiri gunung disebut ngarai atau canyon. Ngarai adalah lembah (jurang) yang dalam dan luas diantara dua tebing yang curam.
  15. Dataran rendah adalah bagian permukaan bumi di daerah yang relatif rata memiliki ketinggian mencapai 500 meter di atas permukaan laut.
  16. Pantai adalah perbatasan antara daratan dan lautan atau laut. Teluk adalah pantai yang berbentuk cekung kearah daratan. Tanjung adalah wilayah daratan yang menjorok ke arah laut dan Tanjung yang luas disebut semenanjung. Delta adalah daratan yang terletak di muara sungai. Proses pembentukan delta di daerah pantai diakibatkan oleh proses sedimentasi sungai.
  17. Palung adalah lembah sempit di dasar laut dan berdinding curam. Lubuk laut (basin) adalah cekungan atau ledok yang cukup dalam di dasar laut. Gunung laut adalah gunung yang muncul dari dasar laut dan puncaknya berada di bawah permukaan air laut.
  18. Danau adalah genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Danau dalam ukuran kecil disebut telaga atau tasik. Ada juga danau yang disebut waduk, bendungan, atau dam. Sungai adalah saluran air alami yang mengalir menuju laut. Sembilan sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai kapuas, Kahayan, Barito, Mahakam, Membrano, Digul, Musi, Batanghari, dan Indragiri. Selat adalah laut sempit diantara dua pulau.

1 komentar:

iqbal assidiq mengatakan...

pak udah lv2 mah tinggal lv 3 and 4

pak klau uah di tulis smua levelnya truz ap lgi ?

Posting Komentar

Pages


ShoutMix chat widget

TEKNO

SPECIAL BLOG INI

  • about
  • artikel
  • materi hafalan ipst
  • profile this week
  • JADI MEMBER